Murai Batu Import

Selain Murai Batu asli Indonesia, ada juga Murai Batu yang berasal dari luar Indonesia atau biasa disebut Murai Import. Postur tubuh tidak terlalu berbeda. Pada beberapa species Murai Batu Import, corak warna tubuh hampir sama dengan Murai yang ada di Indonesia, tetapi pada beberapa species lain memiliki corak warna yang sangat berbeda.

Kemampuan berkicau burung Murai Batu dari negeri tetangga juga baik. Beberapa kolektor burung Murai Batu di Indonesia yang memiliki jenis dari luar seperti dari Malaysia dan Thailand juga pernah mengikutsertakan burung Murai Import ini dalam beberapa kontes perlombaan burung yang diadakan di Indonesia. Hal ini membuat persaingan di kelas Murai Batu semakin sengit.

Murai Batu Import tersebut adalah:

1. Murai Batu Malaysia
Copsychus interpositusssp interpositus
Hidup tersebar di wilayah Semenanjung Malaysia. Mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari ukuran tubuh Murai Batu Medan. Corak warna tubuh sama dengan Murai Batu Medan.
Ukuran panjang ekor bisa mencapai 35 cm dan tipis serta lentur.

Kemampuan berkicau juga bagus. Tingkat kecerdasan yang baik sehingga dengan mudah menyerap suara-suara yang ada di sekelilingnya.

Dari pendapat para penggemar burung di Indonesia, burung Murai Batu Malaysia walaupun memiliki kecerdasarn yang sama baiknya dengan Murai Batu Medan, tapi karena memiliki ekor yang sangat panjang, membuat burung ini cepat terkuras staminanya, sehingga di pertengahan kontes sering berhenti sejenak.



2. Murai Batu Thailand
Burung ini biasanya sangat dicari oleh penggemar burung murai. Ukuran tubuh lebih kecil dari murai batu medan, panjang ekor bisa mencapai 35 cm bahkan terkadang lebih panjang lagi. Warna bulu berwarna kebiru-biruan (indigo). Hidup di sekitar perbatasan Thailand dan Malaysia.



Copsychus malabaricus ssp indicus
(burung milik seseorang hobbiest dan peneliti Murai di Singapura)


3. Murai Philippines
Murai Philippines terdapat beberapa species kerabat Murai, antara lain :

3.1. Murai Luzon (Copsychus luzoniensis), White Browed Shama
Copsychus luzoniensis
(tampak belakang)
Jenis ini sebenarnya lebih layak apabila disebut sebagai Murai Hias, karena keindahan warna tubuh yang dimilikinya. Oleh sebab itu burung ini sangat diminati oleh para kolektor murai batu.


Copsychus luzoniensis
(tampak depan)
Keunikan dari Murai Luzon ini adalah memiliki perut dan dada berwarna putih, membuat burung ini apabila dilihat dari depan, sekilas seperti sepupunya dari spesies Copsychus saularis (Kacer Hitam Putih/ Kacer Dada Putih).






3.2. Murai Cebu (Copsychus cebuensis), Black Shama
Selain murai Luzon yang berbulu indah, ada juga jenis Murai Philippines yang terdapat di Cebu, biasa disebut sebagai Murai Cebu yang kebanyakan berwarna hitam polos.

Beberapa subspecies Murai Cebu berwarna kebiru-biruan pada seluruh tubuhnya, ada juga yang memiliki warna putih pada perut dan ekor bagian bawah.






3.3. Murai Niger (Copsychus niger), White Vented Shama
Copsychus niger
Copsychus niger (Lokasi Busuanga)
Jenis ini tersebar di Palawan, Calamian, Balabac dan Sabang. Memiliki warna hitam pada seluruh tubuhnya.

Pernah masuk di Indonesia dengan nama Murai Papua (sebuah penamaan yang salah).



Beberapa species ini terdapat warna putih pada perut.

Ekor lebih panjang dari Murai Luzon atau Murai Cebu.
Kicauan burung ini di alamnya agak monoton dan sedikit berdesah, tapi beberapa juga mampu mengeluarkan suara yang bervariasi dan indah.




sumber:  
- ibc.lynxeds.com
- en.wikipedia.com

lihat juga:
- Murai Batu
- Murai Batu di Indonesia
- Kacer

30 comments:

  1. Wuaduh .. uapik tenan gambar2e ..

    ReplyDelete
  2. sayangnya dpt murai tailan yg sdh diawetkan.

    ReplyDelete
  3. Ada dijual d indonesia nggak ?

    ReplyDelete
  4. Puny koleksinya gak om ?

    ReplyDelete
  5. burung murai batu malaysia yang berekor panjang tu.....bukan terdapat di Penang (pulau pinang) saja pak....tapi ia boleh dijumpai
    diserata semenanjung Malaysia. harap dibetulkan!
    zul langat.

    ReplyDelete
  6. maaf saya koreksi lagi

    gambar 1 sampai 3 pemiliknya sama, orang singapura...

    he he he

    jadi jelas asalhnya juga sama...

    perlu doketahui beliau melakukan ekperimen sekitar 20 tahun untuk memperoleh ekor sepanjang itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya david d souza,kalo nggak salah kebetulan saya kerja di singapore,manager saya hobby main murai juga jadi sedikit tau murai ekor panjang byk di sini cuman harganya selangit bisa tembus $7000 12-13inch itupun antar temen

      Delete
  7. cantik betul ekor murai thailand. Saya punya banyak ekor tapi panjang ekor cuma cecah 12 cm je. Tetapi satu jer yang unik iaitu bunyi ye. bising bangat. Joe.ATM Gemas

    ReplyDelete
  8. hebat tenan wis,...murai is the best..wis

    ReplyDelete
  9. permisi copy paste bro... gambar murai bagus tenan... bagi2 ilmu nambah pahala ok??? salam
    www.taman-ternak.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Untuk segala kritik dan masukan saya ucapkan terima kasih.
    Apabila ada kekeliruan dalam penulisan, saya mohon maaf. Secepatnya akan saya perbaiki.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  11. @Om Kicau Mania,
    silahkan om, asal sumber nya jangan lupa ya om .. hehe

    ReplyDelete
  12. saya sdh beli sepasang murai thailand dan malaysia,
    mau sy tangkarkan. mohon doa restunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses lah om Heri ... ikut senang nih

      Delete
  13. tapi yang thaliand ( silangan thailand dan malaysia)
    msh ada stok, yg mau pesan ( 088802709940)

    ReplyDelete
  14. bagusan mana ya om murai maleysia vs murai medan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya masing-masing punya keistimewaan om..

      memang biasanya di setiap even lomba burung, masih lebih sering murai medan yang menang om ... tapi semuanya tergantung rawatan dan trik masing-masing lah om ...

      Delete
  15. aku punya murai jambi tapi lg agak agak males om.. ga seperti biasanya,, karena habis dilepas sama keponakanku,, trus ketangkap lagi. hehhehe. mohon triknya om untuk mengembalikan ke performa semula.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tempel murai betina biar pd nya normal lagi,selamat mencoba

      Delete
  16. Anonymous08 May, 2013

    mau tanya om, apa suara yg dihasilkan murai cebu hitam polos itu bagus? jauh beda tidak sama murai medan?mohon kirim jawaban k email saya burn_identity@yahoo.com
    thx om,,

    ReplyDelete
  17. Om Heri gmn Tangkaranya sdh ad hasil blum???

    ReplyDelete
  18. seandainya saya punya burung murai ini ya om
    keren sekali

    ReplyDelete
  19. JUAL BURUNG
    Jln.Raya Kelapa Dua No 33A Gang Blora 3 Kelurahang Dua Kecematang
    Kebong Jeruk Rt 07 Rw 05 Jakarta.
    Minat bisa hub\sms nmor=087740835625
    Menerima Pesanang Seluru peropensi Indonesia.
    Atau Kunjungi www.pusatburung.jimdo.com


    • Kenari Yorkshire Rp. 2.100.000 (9 bulan)
    • Kenari Red Rp. 1.250.000 (7 bulan)
    • Kenari Norwich Ring Rp. 1.050.000 (2 tahun)
    • Kenari F2 YS Rp. 1.2 00.000 (5 bulan)
    • Kenari F2 yorkshire ring Rp. 1.550.000 (4 bulan)
    • Kenari F1 Rp. 950.000 (13 bulan)
    • Jalak putih Rp. 530.000
    • Jalak nias Rp. 140.000
    • Jalak kebo Rp. 76.000
    • Jalak bali Rp. 410.000
    Daftar Harga Burung Cucakrowo beby penangkaran (3-4 bulan) Rp.2.000.000
    Burung Cucakrowo tangkapan hutan Rp.1.200.000

    burung Muray Batu Medan Rp. 1.000.000, MH
    Sepasang Burung Murai Medan umur 3 s/d 5 minggu - Rp. 1.300.000
    Sepasang Burung Murai Medan umur 6 s/d 9 minggu - Rp. 1.600.000
    Sepasang Burung Murai Medan umur 10 s/d 12 minggu - Rp. 1.900.000
    Sepasang Burung Murai Medan umur 13 s/d 16 minggu - Rp.2.400.000
    Burung Murai Nias MH - Rp. 600 .000 – Rp. 800.000
    Burung Murai Nias umur 2 bulan - Rp. 1.200 – Rp. 1.100.000
    Burung Murai Medan MH - Rp. 1.200.000

    burung Lovebird kacamata lutino mata merah Rp. 2.5000.000, anakan
    burung Lovebird kacamata lutino mata hitam Rp. 1.000.000, anakan
    burung Lovebird kacamata kepala emas Rp. 740.000, anakan
    burung Lovebird kacamata hijau Rp. 530.000, anakan
    burung Lovebird kacamata biru Rp. 530.000, anakan
    burung Lovebird kacamata albino mata merah Rp. 1.100.000, anakan

     LoveBird Pastel Putih Umur 5 bulan harga : 700.000,-
     LoveBird Pastel Putih Umur 7 bulan harga : 800.000,-
     LoveBird Pastel Putih Umur 9 bulan harga : 900.000,-
     LoveBird Pastel Putih Umur 11 bulan harga : 1.050.000,-
     LoveBird Pastel Putih Umur 1 tahun harga : 1.100.000,-
     LoveBird Pastel Putih Dewasa siap produkasi harga : 1.200.000,-

    ReplyDelete
  20. Untuk harga murai thailand sampai berapa gan ya? tolong dikabari, biar dapat harga yang sesuai, trims, foto-fotonya bagus banget.

    ReplyDelete
  21. Sìíîïƿº°˚˚°º»(y)
    ™ ““» ​‎​​Ṁ̭̥̈̅̄ά̲̣̣̣̥α̩̩̩̩̥ή†̥†̥̥āǎ̜̣̍ß̍̍̊Z̲̣̣̣̥ (y)

    ReplyDelete
  22. mau tanya para mastah2...
    utk iven yg bgus murai malay ap murai thailand?

    ReplyDelete
  23. Pengend bngt py mb thailand, siapa yg jual silakan hub no 085713690902

    ReplyDelete
  24. Saya juga punya murai lampung yg bulu dadanya brwarna putih

    ReplyDelete
  25. adoooh jadi ingin memiliki untuk aku ternak . ngiler hehehe...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di bawah ini.

Untuk komentar berbau sara, politik, porno, judi dan tidak berhubungan dengan isi blog ini, mohon maaf, akan kami hapus.